Lazada Philippines

Tuesday, April 7, 2015

Jangan Anggap Remeh Kolesterol

Mungkin sebagian besar orang sudah tidak asing lagi mendengar kata " Kolesterol " , tetapi ada sebagian kecil orang yang tidak tahu akan bertanya, jenis makanan apakah itu ?! hehehe..

sumber gambar: medikanews.com

Bagi sebagian besar orang tersebut ketika mendengar kata Kolesterol, maka yang muncul dibenak pikiran mereka seringkali adalah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
Menurut American Academy of Family Physicians, bahwa kolesterol merupakan sejenis lemak yang berfungsi melindungi saraf, mendorong produksi hormon, membangun jaringan sel serta sistem kekebalan tubuh. Kolesterol merupakan komponen penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Menurut Dr. Endang Darmoutomo, spesialis gizi klinik RS. Siloam Lippo Village, bahwa 80 persen kolesterol dalam tubuh dihasilkan dari liver, sementara sisanya dari makanan hewani seperti daging sapi, ayam, ikan telur dan produk turunan susu tinggi kemak.

Kolesterol terdiri dari 2 jenis yaitu:
HDL ( High Density Lipoprotein ) dan LDL ( Low Density Lipoprotein).

HDL sering juga disebut sebagai " Kolesterol Baik" sedangkan LDL adalah " Kolesterol Jahat" / Lemak Jenuh.

Tugasnya HDL yaitu membuang LDL yang menyumbat pembuluh darah dan mencegahnya mengendap pada dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadinya Aterosklerosis ( plak yang menempel pada dinding pembuluh darah ).

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal apabila kadarnya berkisar 160 -200 mg/dL. Apabila kadarnya melebihi 240 mg/dL artinya seseorang tersebut memiliki kadar kolesterol tinggi yang beresiko terhadap penyakit kardiovaskular.

Berikut beberapa penyebab kadar kolesterol tinggi, yaitu:
1. Pola Makan
Kebiasaan menyantap makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain dari protein hewani, kolesterol juga terdapat didalam camilan seperti biskuit, keripik, gorengan yang mengandung lemak trans.

2.Faktor Keturunan
Jika ada keluarga yang pernah memiliki kadar kolesterol tinggi, ada kemungkinan akan memiliki hal yang sama.

3. Berat Badan
Berat badan berlebih akan beresiko lebih besar memiliki kadar kolesterol tinggi.

4. Olahraga
Jarang melakukan olahraga dana kegiatan fisik dapat juga meningkatkan kadar LDL dan menurunkan HDL.

Tips menjaga kadar kolesterol tetap normal:
1. Ubah Pola MakanPerbanyak asupan sayur dan buah segar serta jauhi konsumsi makanan berlemak tinggi. Hindari juga konsumsi makanan yang mengandung lemak trans/ lemak jenuh.

2. Kurangi Asupan Lemak Jenuh
Makanan yang mengandung lemak jenuh diantaranya: daging, mentega, serta makanan yang digoreng, batasi juga konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti : udang, cumi, telur, jeroan, santan.

3. Olahraga rutin secara teratur
Idealnya olahraga secara rutin sangat baik dilakukan selama 30-60 menit setiap hari.

4. Hindari Rokok
Kebiasan merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, Maka berhentilah merokok segera !

(sumber: sequislife.com)


No comments:

Post a Comment

Copyright©2015 InfoTipsMedia - Designed ByBlogger Templates