Lazada Philippines

Monday, April 20, 2015

Tips Mengatasi Atap Bangunan Bocor

Kebocoran pada bangunan bangunan khususnya rumah merupakan masalah yang sangat membuat pusing bagi pemiliknya, terutama datangnya musim hujan, Tidak peduli rumah baru atau rumah lama, kebocoran bisa saja terjadi.  
sumber gambar: leakdetection.org.uk

Berikut ini beberapa tips yang dapat menjadi solusi kebocoran pada bangunan :

1. Waterproof
Menggunakan waterproof adalah salah satu cara mengatasi kebocoran. Setidaknya ada dua kategori waterproof yaitu: Coating dan Membran. Terdapat beberapa jenis waterproofing coating yaitu: water based, semen based dan solven based. Pengaplikasian waterproof coating lebih mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan kuas/ rol pada bidang yang sudah dibersihkan lebih dulu dari debu dan kotoran sehingga bahan waterproof tersebut akan merekat maksimal, sedangkan 
Waterproof membran adalah waterproof berupa lembaran kedap air, waterproof membran ada beberapa jenis diantaranya yang dibakar dan dilem, Pengaplikasian waterproof membran bakar biasanya lebih sulit dilakukan karena butuh  keahlian yang sudah terlatih, aplikasinya dengan cara dibakar atau dipanasi, ada juga yang lebih praktis, yaitu dengan self aditif (semacam lem) sehingga tinggal direkatkan pada bagian yang bocor.

2. Sealant
Sifat sealant yang elastis dapat mengatasi kebocoran retakan yang halus atau istilahnya "retak rambut". Pengaplikasian sealant cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya pada retakan penyebab bocor. Tetapi harus diingat dalam pengaplikasian sealant, celah atau retakan yang diberi sealant haruslah bersih dari debu dan kotoran.

3. Floor Hardener
Salah satu alternatif mencegah kebocoran adalah dengan menggunakan floor hardener pada saat pengecoran. Floor hardener adalah sejenis bahan aditif yang berfungsi memperkeras beton cor. Selain keras, beton yang menggunakan floor hardener juga akan kedap air dan sangat solid sehingga mampu mencegah rembesan. Floor hardener umumnya diaplikasikan pada bangunan yang menggunakan atap jenis dak beton.

4. Epoxy Coating
Epoxy coating adalah sejenis cat namun jenisnya mirip denga floor hardener. Bedanya floor hardener diaplikasikan pada saat pengecoran, epoxy coating pada saat permukaan cor sudah terlanjur mengeras, seperti pada bangunan lama. Dalam pengaplikasian, permukaan cor beton yang diberi epoxy coating harus dipastikan bersih dari debu dan kotoran. 

5. Renovasi
Langkah terakhir untuk mengatasi kebocoran yaitu dengan melakukan renovasi, hal ini dilakukan apabila semua cara telah diupayakan namun belum memberikan solusi. Renovasi akan sangat memakan biaya, namun inilah cara terbaik mengatasi kebocoran pada bangunan yang disebabkan kesalahan pada desain dan perencanaan seperti kemiringan atap yang kurang dari 30 derajat, kesalahan pada pemasangan genteng/atap dan kesalahan pada pemasangan talang. Untuk melakukan renovasi ini sebaiknya menggunakan jasa kontraktor yang sudah ahli dan pengalaman sehingga hasilnya maksimal.



No comments:

Post a Comment

Copyright©2015 InfoTipsMedia - Designed ByBlogger Templates