Lazada Philippines

Saturday, July 4, 2015

5 Tips Mengelola Tunjangan Hari Raya ( THR )

Menjelang hari raya, Tunjangan Hari Raya ( THR ) merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh semua karyawan. Biasanya jumlah THR setara dengan gaji pokok selama satu bulan. Pencairan THR terkadang membuat sebagian dari kita tidak mampu menahan diri untuk berbelanja. Mungkin jika kalap memakai uang THR, bisa saja uang tersebut hanya akan bertahan sekejap mata saja. Untuk itu ada baiknya kita perlu lebih cermat dan bijaksana dalam mengelola uang THR.
Berikut kami memberikan tips untuk mengelola uang THR agar dapat dialokasikan dengan tepat dan bermanfaat:

                                                                  sumber gambar: pesona.co.id

#1. Skala Prioritas
Ada baiknya sebelum membelanjakan uang THR, perhatikan kewajiban tahunan lainnya yang belum masuk dalam anggaran bulanan. Misal: jika kita belum menyediakan dana pendidikan untuk anak, biaya perawatan kendaraan, asuransi dan keperluan penting lainnya.

#2. Lunasi Hutang dan Cicilan
Selain untuk keperluan pribadi di hari raya , ada baiknya kita perhatikan juga kewajiban untuk melunasi hutang yang belum terbayarkan. THR juga bisa menjadi alternatif kesempatan untuk membenahi masalah keuangan yang belum bisa tertutupi dari pendapatan bulanan, sehingga akan memberikan efek positif yakni mengurangi beban psikologi atas kewajiban yang belum lunas.

#3. Keperluan Mudik
Bagi yang biasa mudik tentu akan memerlukan jumlah dana yang tidak sedikit. Mungkin ada baiknya kita membuat anggaran keperluan hari raya sejak jauh hari. Selain itu kita harus mencoba untuk menyisihkan dana dari pendapatan bulanan. Dengan demikian, kita tidak perlu hanya bergantung pada uang THR.

#4. Investasi
adalah keputusan bijaksana sebagian pendapatan dari THR di alokasikan ke rekening investasi. Sehingga nilai investasi kita akan mengalami percepatan dan tidak hanya bergantung dari pendapatan bulanan saja.

#5. Rayakan Dengan Sederhana
Jika kondisi keuangan kita terbatas, jangan ragu untuk melakukan perayaan hari raya dengan sederhana. Karena sesungguhnya hari raya bukan sekedar untuk memuaskan nafsu duniawi, melainkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Jadi untuk mengantisipasi THR yang kurang, maka kita bisa menyiasati dengan mengumpulkan dana untuk hari raya dari pendapatan bulanan. Sehingga kita tetap bisa merayakan hari raya dengan ceria lahir dan batin walapun secara dilakukan sederhana.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat :)





5 comments:

  1. Info dan tips yang menarik,
    mudah2n THR saya tahun ini turun dan bisa dikelola dengan baik, intinya supaya tidak boros, syukur2 bisa sampai turun lagi THR tahun depannya, hahahha

    ReplyDelete
  2. tips nya menarik sobat, tapi sayang saya tidak dapat THR dari tempat kerja ... sungguh tragis :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sobat, nantikan tips dari kami berikutnya, untuk mendapatkan tips dari kami ( gratis) ke inbox email sobat, silahkan isi email di kolom berlangganan diatas. Terimakasih atas komentarnya. :)

      Delete
  3. Alhamdullilah punya saya sudah habis Gan..haaa

    ReplyDelete

Copyright©2015 InfoTipsMedia - Designed ByBlogger Templates